Hakikat Linguistik Umum

Kemarin kita membahas tentang hubungan bahasa dan linguistik, dimana linguistik merupakan ilmu tentang bahasa dan bahasa merupakan obyek dari kajian linguistik itu sendiri.

Nah, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan hakikat atau pengertian dari linguisitk secara umum atau dalam bahasa profesionalnya disebut sebagai linguistik umum.
Ok, langsung saja . . .
Pada hakikatnya ilmu linguistik dengan linguistik umum adalah sama dan merupakan satu kesatuan, karena hakikat dari linguistik umum itu sendiri yaitu ilmu yang tidak hanya mengkaji bahasa saja, melainkan juga mengkaji seluk beluk bahasa pada umumnya.
Maksudnya, linguistik umum itu adalah ilmu yang luas. Bayangkan saja, semantik masuk dalam cabang linguistik umum, ada juga semiotik, fonologi, morfologi, psikolinguistik dan masih banyak lagi. Contoh lugasnya, seorang ahli psikologi mendekati dan memandang bahasa sebagai gejala pelahiran kejiwaan, sedangkan ilmuan fisika mendekati dan memandang bahasa sebagai fenomena alam, yakni sebagai gelombang bunyi yang merambat dari mulut pembicara ke telinga si pendengar. Ahli jurnalistik sangat perpegang teguh pada ilmu dan cabang linguistik untuk menopang penulisannya dalam membuat suatu berita baik itu ejaannya maupun pemilihan katanya.

Sebagai ilmu, linguistik juga sudah mempunyai sejarah yang panjang. Selain itu, berbagai pendapat dan pandangan yang berbeda juga menyemarakkan studi linguistik umum itu sendiri.

Nah, penjelasan di atas hanya merupakan secuil ilmu yang bisa saya curahkan. Untuk lengkapnya silakan saya pelajari buku tentang linguistik umum.
Terima kasih . . .

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Bahasa Sastra Indonesia | Copyright © 2009 | Designed by bahasa sastra indonesia